Senin, 18 Juni 2012

KARAKTER MAHASISWA ISLAMI


NURUL JOKO SANTOSO
20110420320
AKUNTANSI G
Karakter mahasiswa islami

Karakter seorang mahasiswa dapat terbentuk oleh berbagai macam hal. Ada faktor yang positif dan ada pula yang negatif. Ada 3 faktor penting dan mendominasi terbentuknya karakter mahasiswa yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dalam era globalisasi seperti ini semua itu hendaknya kita atasi dengan baik dan jangan sampai terjadi kesenjangan – kesenjangan di segala faktor tersebut.

Pada dasarnya manusia memiliki 3 macam potensi yang ada pada dirinya. Potensi yang dimilki yaitu potensi fisik, potensi jiwa, dan potensi hati. Potensi fisik ini biasanya potensi yang dimiliki seseorang karna kelebihan dari segi fisiknya. Sebagai contoh seorang manusia yang memiliki tubuh yang tinggi dan besar ia berpotensi untuk menjadi pemain basket yang handal karna memiliki badan yang ideal sebagai seorang atlet. Setelah potensi fisik tedapat pula potensi jiwa, biasanya potensi yang dimiliki lebih cenerung kepada tingkah laku atau sikapnya. Sebagai contoh seorang manusia yang memiliki jiwa seorang pemimpin ia berpotensi untuk menjadi pemimpin yang baik bagi yang lain karena ia akan mampu untuk memimpin dan mengatur apa yang ada dibawah kekuasaannya. Potensi yang terakhir yang dimiliki manusia yaitu potensi hati. Potensi ini lebih cenderung kepada perasaan yang dimiliki seseorang. Sebagai contoh apabila manusia mempunyai hati yang bersih dan jujur maka ia pasti mampu untuk menjadi orang yang di percayai dan bertanggung jawab dalam bekerja. Jika semua potensi itu dapat kita miliki dan kembangkan niscahya kita akan mampu menjadi mahasiswa yang baik dan berkualitas.

Kita sebagai mahasiswa hendaknya memiliki beberapa karakter yang digunakan untuk menghadapi dunia yang berada dalam era globalisasi seperti ini agar kita tidak terjerumus kepada hal – hal yang sekiranya tidak baik bagi kita dan orang lain. Beberapa karakter tersebut antara lain :
a.       Willingness
Yang dimaksud dengan willingness itu adalah kita harus mempunyai niat dalam melakukan sesuatu agar perbuatan yang terpuji selalu kita jalankan dan apabila ada tindakan yang tercela maka kita harus hindari

b.      Conscience
Yang dimaksud dengan conscience adalah kita lebih suka melakukan hal – hal yang baik dan kita akan merasa takut apabila kita berbuat yang tercela

c.       Value
Yang dimaksud value adalah kita melakukan sesuatu atas dasar keyakinan kita. Keyakinan tersebut berdasarkan pertimbangan nilai baik buruknya serta benar salahnya yang ada pada agama islam

d.      Attidude
Yang dimaksud dengan attidude adalah kondisi dimana kondisi tersebut memberikan dampak terhadap perilaku dan tindakan kita.

e.       Moral behavior
Yang dimaksud dengan moral behavior adalah perilaku seseorang yang nyata dalam kesehariannya dimana seseorang itu aktif bukannya pasif.

1 komentar: